Pemeliharaan Battery Notebook



Dengan banyaknya para pengguna notebook terutama di kawasan kota Malang, akan tetapi pengguna masih kurang mengerti mengenai pengetahuan tentang Battery dari notebooknya. Berikut ini informasi mengenai karakteristik dari battery Li-on yang digunakan untuk tenaga listriknya notebook :








  • Battery notebook berisi cell-cell yang pada umumnya berisi 4-6 cell, tergantung dari notebook yang anda beli. Semakin banyak cellnya semakin lama daya tahan pakai notebooknya, akan tetapi semakin berat pula berat notebook anda.

  • Battery notebook yang tipe Li-on (Lithium) tidak mengenal "Memory Effect". Jadi tipe battery ini tidak berpengaruh pada perilaku anda waktu ngecharge battery. Misalnya ngecharge battery tidak sampai penuh, hal ini tidak mempengaruhi battery anda jadi "Drop".


Yang perlu diperhatikan untuk pemeliharaan Battery Notebook :




  • Jangan meletakkan notebook dalam ruangan suhu panas. Misal mobil yang diparkir tempat panas, hal ini akan menyebabkan battery cepat habis dan juga sampai meledak karena terlalu panas.

  • Jangan menghabiskan battery sampai 0%. Hal ini akan menyebabkan battery cepat nge-drop (larangan dari kharakteristik battery Li-on).

  • Jangan melakukan hal-hal yang menyebabkan kerusakan jika tidak mempunyai pengetahuan tentang battery. Seperti melakukan solder, membongkar, memukul, membanting, menjatuhkan, memasukkan ke dalam air, mengkonsletkan, dll.

  • Jangan mengisi battery penuh sampai 100%. Jika tidak menggunakan Battery dalam waktu yang lama, isilah sekitar 40% jika akan menyimpan battery tersebut.
Berikut yang harus anda lakukan ketika battery anda masih dalam keadaan baru.Sebelum anda menggunakan battery baru anda harus melakukan beberapa proses berikut ini
  1. Pasang Battery anda dan jangan menyalakan notebook anda.
  2. Tancapkan kabel power/charger, isi sampai penuh sesuai dengan indikator battery di laptop (mis. warna lampu kuning jadi hijau jika sudah penuh)
  3. Copot kabel charger jika sudah penuh.
  4. Nyalakan notebook dengan menggunakan listrik dari battery.
  5. Gunakan notebook tersebut sampai muncul peringatan "low battery"
  6. Tancapkan kembali hingga battery terisi penuh kembali.

Ikuti petunjuk diatas hingga 3 kali baik dicharge maupun menghabiskan battery.

Lepas battery jika tidak digunakan lebih dari 2 minggu

Harap diperhatikan untuk keawetan battery notebook anda.

Related Posts by Categories

0 comments:

Post a Comment